Posted by : CRESSIDA
4.11.2013
Tema
pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu
mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang
terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21,
kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran.
Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran
paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran
yang harus dilakukan.
Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013
yang terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah
barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang
mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang
mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar,
dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta
didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam
jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada pengembangan
kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat standar dalam
kurikulum meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar
penilaian akan berubah sebagaimana ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.
Perubahan yang
Diharapkan
Pengembangan kurikulum 2013, selain untuk
memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum
2006, bertujuan juga untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih
baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan
(mempresentasikan), apa yang di peroleh atau diketahui setelah siswa menerima
materi pembelajaran.
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa
kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih
baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada
lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,
manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, yang
diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggambarkan perubahan yang
diharapkan pada masing-masing enitas.
(http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-2)
Related Posts :
- Back to Home »
- Curriculum , Education , News , Subject »
- Pergesaran Paradigma Belajar Abad 21 (Kurikulum 2013)